Posted in

Industri Modifikasi Raih Legitimasi Negara, Kemenperin Dukung IMX 2025 sebagai Standar Kualitas Nasional

Industri Modifikasi Raih Legitimasi Negara, Kemenperin Dukung IMX 2025 sebagai Standar Kualitas Nasional
JAKARTA – Industri modifikasi dan lifestyle otomotif Indonesia resmi mendapat validasi dan legitimasi dari negara.

Melalui program IMX Appreciation & Industry Spotlight 2025, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) memberi dukungan penuh, menandai momen krusial di mana sektor yang berawal dari hobi dan subkultur ini diakui sebagai industri kreatif yang potensial dan berdaya saing.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) ini bertujuan untuk menetapkan standar kualitas nasional dan mengakselerasi pertumbuhan ekosistem modifikasi di Tanah Air.

Industri Modifikasi Raih Legitimasi Negara, Kemenperin Dukung IMX 2025 sebagai Standar Kualitas Nasional

“Harapannya industri modifikasi ini sangat mendukung industri kendaraan bermotor, dengan kreasi-kreasinya. Saya yakin hasil modifikasi ini bisa lebih dikenal di mancanegara,” ucap Mahardi Tunggul Wicaksono, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan, Ditjen ILMATE, Kemenperin.

Meskipun acara ini merayakan seluruh spektrum industri, daftar pemenang memberikan gambaran objektif mengenai peta kekuatan dan tren yang sedang mendominasi ekosistem saat ini.

1. Dominasi Pemain Mapan (APM): Toyota berhasil meraih penghargaan Most Excellence Booth Award – Carmaker, sementara Toyota Hilux Rangga dinobatkan sebagai Car Maker Industry Impact Product.

2. Kekuatan Ekonomi Kreator Konten: Kategori Influencer & Public Figure dimenangkan oleh nama-nama besar seperti Fitra Eri (Most Influential Automotive Personality), Garasi Drift (Best Automotive Content Creator), dan Gofar Hilman (Most Active Automotive Promoter).

Pengakuan ini menegaskan bahwa industri modifikasi modern tidak lagi hanya tentang produk fisik, tetapi sangat bergantung pada kekuatan narasi dan pemasaran digital. Para kreator konten kini bukan lagi sekadar “promotor”, melainkan pilar penting yang menentukan arah tren dan selera pasar.

3. Arah Inovasi Produk: Penghargaan Most Innovative Automotive Product jatuh kepada Daihatsu Rocky Hybrid, sementara Sustainable Innovation Award diberikan kepada Wuling.

Penganugerahan produk inovatif kepada mobil hybrid standar dari APM di sebuah pameran modifikasi memunculkan pertanyaan tentang tingkat inovasi disruptif dari produk aftermarket lokal itu sendiri. Di sisi lain, penghargaan untuk Wuling mengindikasikan bahwa industri modifikasi mulai—meskipun perlahan—mengakui dan beradaptasi dengan era elektrifikasi.

“Kami ingin agar para pelaku industri modifikasi memiliki legitimasi yang lebih kuat di mata publik, pemerintah, hingga mitra internasional,” ungkap Andre Mulyadi, Project Director IMX.

Daftar Lengkap Pemenang IMX Appreciation & Industry Spotlight 2025:

Industri Modifikasi Raih Legitimasi Negara, Kemenperin Dukung IMX 2025 sebagai Standar Kualitas Nasional

Booth & Brand Presentation:

Most Excellence Booth Award – Carmaker: Toyota
Most Excellence Booth Award – Aftermarket Brand: Saber
Most Engaging Booth: AMO Culture
Booth of the Year: Hot Wheels

Influencer & Public Figure:

Most Influential Automotive Personality: Fitra Eri
Best Automotive Content Creator: Garasi Drift
Most Active Automotive Promoter: Gofar Hilman

Produk & Inovasi:

Best Modification Product – Performance: Engine +
Best Modification Product – Styling: Coga Bodykit
Car Maker Industry Impact Product: Toyota Hilux Rangga
Best Lifestyle Automotive Product: Hot Wheels
Most Innovative Automotive Product: Daihatsu Rocky Hybrid
Youth Favorite Car of the Year: Suzuki Fronx
Electrified Vision Award: Wuling
Builder’s Choice – Favorite Base Car: Chery J6

Kategori Khusus & Apresiasi:

Industry Appreciation Award: Alm. Wibowo Santosa, Permaisuri Ban
Sustainable Innovation Award: Wuling

Secara keseluruhan, program penghargaan yang didukung pemerintah ini adalah langkah strategis untuk memprofesionalkan industri modifikasi.

Namun, peta pemenang menunjukkan bahwa tantangan ke depan adalah bagaimana mendorong merek-merek aftermarket lokal yang independen agar mampu bersaing secara inovasi dan skala dengan para pemain besar dan APM yang kini semakin agresif masuk ke dalam ekosistemmodifikasi.

21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29